Ke Bekasi Cuma 35 Menit! Yuk Cobain LRT Jabodebek

 

LRT Jabodebek

Light Rail Transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Senin, 28 Agustus 2023. Saat ini operasional LRT Jabodebek melayani perjalanan dari dan ke 18 stasiun untuk dua rute, yakni rute Cibubur Line (Stasiun Dukuh Atas-Harjamukti PP) dan Bekasi Line (Stasiun Dukuh Atas-Jatimulya PP).


Rute Cibubur Line memiliki panjang 24,3 kilometer dengan waktu tempuh 33 menit yang melewati 12 stasiun, sementara rute Bekasi Line memiliki panjang 27,3 kilometer dengan waktu tempuh 35 menit yang melewati 14 stasiun. Nantinya, Stasiun LRT Halim akan terintegrasi dengan stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) melalui skybridge.

Jembatan lengkung bentang panjang (longspan) LRT Jabodebek

Rute LRT Jabodebek




 

Untuk menuju ke stasiun LRT Dukuh Atas, kamu bisa transit dari halte Transjakarta Dukuh Atas, kemudian berpindah dengan berjalan kaki melewati JPO menuju halte Dukuh Atas 2. Dari halte Dukuh Atas 2, Kemudian berjalan kaki sekitar 5 menit ke arah stasiun LRT Dukuh Atas. Kalau kamu dari stasiun KRL Sudirman bisa menggunakan Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) Dukuh Atas. Jembatan ini menghubungkan antara Stasiun LRT Dukuh Atas dan Stasiun KRL Sudirman.

Halte Transjakarta Dukuh Atas 2, akses ke arah stasiun LRT Dukuh Atas

Stasiun LRT Jabodebek dilengkapi dengan sejumlah fasilitas untuk menunjang kenyamanan dan keamanan penumpang. Beberapa fasilitas tersebut seperti Ekskalator, Toilet, Ruang menyusui, Mushala, Ruang kesehatan, CCTV, dan Passenger Information Display System (PIDS). Jam operasional LRT Jabodebek dimulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 23.30 WIB setiap harinya.

   
Suasana di dalam stasiun LRT Dukuh Atas

   
Suasana di dalam stasiun LRT Dukuh Atas

 

Ada yang menarik perhatian penumpang disini, apalagi selain ruang kemudi tanpa adanya masinis. Dijalankan tanpa masinis karena sudah menggunakan sistem kendali kereta berbasis komunikasi atau Communication Base Train Control (CBTC) dengan Grade of Automation tingkat 3. Dengan teknologi tersebut kereta LRT bisa beroperasi secara otomatis tanpa masinis. kecepatan maksimum LRT Jabodebek ini cukup kencang bisa tembus sekitar 80km/jam.

Ruang kemudi LRT Jabodebek tanpa masinis

Suasana di dalam Rangkaian LRT Jabodebek

Kecepatan maksimum LRT Jabodebek

 

Tarif LRT Jabodebek ditetapkan sebesar Rp 5.000 untuk satu kilometer pertama dan Rp 700 untuk per kilometer selanjutnya. Jadi tarif maksimal yang dibebankan jika kamu sampai ke tujuan akhir stasiun adalah:

Stasiun Dukuh Atas-Harjamukti Jarak: sekitar 25 kilometer Tarif: Rp 21.800
Stasiun Dukuh Atas-Jatimulya Jarak: sekitar 28 kilometer Tarif: Rp 23.900


LRT Jabodebek menerapkan sistem cashless untuk pembayaran tarifnya, seperti: Kartu Uang Elektronik Perbankan (BRI, BNI, BCA, BTN, Bank Mandiri, dan Bank DKI Jakarta) KMT Commuter Line Scan QRIS LinkAja Scan QRIS KAI PAY.

Untuk video lengkapnya dapat kamu tonton dibawah ini, video-video menarik lainnya kamu dapat akses di channel Youtube @dandelionsixty. Cekidot Gan & Sis 😉👌


Komentar