Growth Mindset & Fixed Mindset

 

Ketika masa-masa perkuliahan saya sering merasa putus asa, sering terucap "Ahh aku memang bodoh tidak berbakat" 😔

Tapi suatu hari tidak sengaja saya menonton film “Searching for Bobby Fischer” saya sangat kerkesima 😲 dengan film itu dan ternyata film tersebut berdasarkan kisah nyata dari Josh Waitzkin.

Kisah inspiratifnya yang banting setir dari seorang master catur ke dunia bela diri Tai Chi. Membuat saya berpikir apakah ada yang salah dengan pola pikir saya selama ini?

Ternyata saya selama ini berpola pikir Fixed Mindset. Salah satu ciri-ciri jelek dari  dengan Fixed Mindset itu adalah suka melihat “usaha” itu sebagai sesuatu yang konyol, sesuatu yang hanya perlu dilakukan oleh orang-orang berkemampuan rendah, makanya harus berusaha. Waktu mereka mengalami kegagalan, mereka cenderung menarik kesimpulan kalau mereka emang tidak bakat di bidang itu. Terus, mungkin karena ego, mereka kemudian cenderung kehilangan minat sampai akhirnya menarik diri atau berhenti belajar di bidang itu.

Kebalikannya. Orang dengan Growth Mindset melihat “usaha” itu sebagai sesuatu yang buat mereka pintar, cara untuk tumbuh dan berkembang. Ketika mereka gagal, mereka sadar kalo kegagalan adalah bagian dari pembelajaran dan mereka akan terus mencoba dan menemukan cara lain, seperti yang dilakukan Josh Waitzkin.

Dan saya pun tersadar seperti Ade Rai, otot-ototnya tidak mungkin bisa langsung terbentuk kalau tidak dilatih, begitu pula otak. Banyak orang-orang hebat tadinya diprediksikan bakal bermasa depan suram seperti Einstein, Jack Ma, dsb. Walaupun tadinya dicap sebagai manusia gagal, mereka mampu membangun kemampuan mereka. 😉

Komentar