Mengetahui Jam Piket Organ Tubuh Manusia



Di zaman yang serba praktis ini kadang kita melupakan menjaga kesehatan, seperti menjaga pola makan dan lain-lain. Ternyata ada yang lebih penting lagi, yaitu mengetahui jam organ tubuh atau jam biologis tubuh kita. Karena hal itu sangatlah penting untuk mengontrol atau mengatur konsumsi asupan makanan/minuman serta vitamin/pengobatan. Sehingga kamu dapat menjaga stabilitas tubuh serta mengantisipasi gangguan kesehatan.

Ilustrasi Lambung
A.     Jam Piket Organ Lambung
Lambung adalah organ berotot yang ada di bagian kiri atas perut, di antara kerongkongan dan usus kecil. Berfungsi untuk mencerna makanan, lambung merupakan organ terpenting pada sistem pencernaan. Untuk menguraikan dan mencerna makanan, otot lambung terus berkontraksi serta menghasilkan enzim pencernaan dan asam lambung. Makanan yang telah dicerna oleh lambung akan dikirimkan ke usus kecil

Bagaimana kerja lambung kamu selama 24 jam? 
Dalam sehari semalam, lambung  kamu mengalami tiga kondisi, yaitu jam kerja tinggi, rendah dan biasa-biasa saja. Lambung mengalami jam kerja yang tinggi yaitu pada jam 07.00-09.00. Sedangkan pada jam 19.00-21.00, kerja lambung menjadi lemah. Untuk selain jam-jam tersebut, kerja lambung berada pada kondisi biasa-biasa saja.

Saat kerja lambung kamu sedang lemah atau antara jam 19.00-21.00, sebaiknya kamu tidak mengkonsumsi makanan yang sulit atau lama dicerna, menghentikan aktivitas makan, atau lebih baik sudah berhenti makan. Sedangkan antara jam 07.00-09.00 dimana kerja lambung meningkat atau tinggi sehingga pembentukan energi akan terjadi secara sempurna, kamu dianjurkan makan pagi atau sarapan.

Ilustrasi Limpa
B.     Jam Piket Organ Limpa
Limpa adalah kelenjar tanpa saluran (ductless) yang berhubungan erat dengan sistem sirkulasi. Organ yang satu ini berfungsi untuk mengakumulasi limfosit dan makrofag, mendegradasi eritrosit, sebagai tempat cadangan darah, dan sebagai organ pertahanan terhadap infeksi partikel asing yang masuk kedalam darah. Selain itu, limpa juga berfungsi untuk menghancurkan sel darah merah yang sudah tua, membentuk sel darah merah yang telah rusak, membentuk sel limfosit, membuang kelembaban tubuh, menyimpan materi dasar dan mentranspor materi dasar ke paru-paru, serta mempengaruhi otot dan pergerakan.

Jam piket organ limpa kuat pada jam 09.00-11.00 pada saat organ tersebut kuat sebaiknya kurangi konsumsi gula, lemak, minyak, dan protein hewani. Jika kamu tetap mengkonsumsinya, hal tersebut bisa mendatangkan berbagai gangguan kesehatan, karena kandungan gula akan langsung diserap ke dalam tubuh, sehinga dimungkinkan terjadinya gula berlebihan.
Jam 21.00-23.00 kerja organ limpa lemah, sebaiknya kamu beristirahat, boleh juga sambil mendengarkan musik yang menenangkan jiwa. Hal tersebut harus dilakukan sebagai usaha untuk meningkatkan imunitas.

Ilustrasi Ginjal
C.      Jam Piket Organ Ginjal
Ginjal adalah organ tubuh yang mempunyai fungsi yang sangat vital, di dalam tubuh kita terdapat dua buah ginjal yang terletak di belakang abdomen (perut), yang satu berada di sisi kanan dan yang lain berada di sisi kiri dari tulang belakang, di bawah limpa dan hati. Ginjal berfungsi sebagai penyaring zat-zat yang telah tidak terpakai (zat buangan/sampah) yang merupakan sisa metabolisme tubuh. Setiap harinya ginjal akan memproses 200 liter darah untuk menyaring atau menghasilkan sekitar 2 liter “sampah” dan ekstra (kelebihan) air. Sampah dan ekstra air ini akan menjadi urine yang mengalir ke kandung kemih melalui saluran yang disebut ureter.

Hampir 24 jam , organ ginjal kamu lemah. Hanya pada jam 17.00-19.00 saja organ ginjal kamu kuat. Pada jam tersebut, organ ginjal tengah bekerja untuk melakukan proses pembentukkan sumsum tulang dan otak, sehingga baik untuk kecerdasan. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan waktu tersebut untuk belajar guna menambah kecerdasan kamu. 

Ilustrasi Hati
D.     Jam Piket Organ Hati
Hati merupakan organ homeostasis yang memainkan peranan penting dalam proses metabolisme pada manusia dan hewan. Hati berfungsi membantu ginjal dengan cara memecah beberapa senyawa yang bersifat racun serta menghasilkan amonia, urea, dan asam urat dengan memanfaatkan nitrogen dari asam amino. Proses pemecahan senyawa racun oleh hati ini disebut detoksifikasi.

Sekitar jam 01.00-03.00 organ hati kamu kuat. Pada saat itu terjadi proses pembuangan racun atau limbah hasil metabolisme tubuh. Apabila ada gangguan fungsi hati, maka akan terlihat dari kotoran dan gangguan mata. Apabila ada luka dalam, maka akan terasa nyeri.
Pada jam 13.00-15.00, organ hati kamu melemah. Pada waktu itu, dianjurkan untuk tidur. Sebab dengan tidur, sel darah merah akan terkumpul di dalam hati dan terjadi proses regenerasi sel-sel hati.
Ilustrasi Paru-Paru
E.      Jam Piket Organ Paru-paru
Paru-paru adalah organ tubuh pada sistem pernapasan manusia yang berhubungan dengan sistem peredaran darah (sirkulasi) vertebrata yang bernapas dengan udara.

Pada jam 15.00-17.00 jam piket paru-paru kamu dalam keadaan lemah. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk kembali atau meneruskan tidur sebelumnya. Tidur pada jam-jam ini bermanfaat untuk proses pembuangan racun dan pembentukan energi paru-paru. Tidur yang disarankan bagi kamu adalah tidur dengan posisi miring kekanan. Sebab tidur miring kekanan memberikan dampak yang baik pagi paru-paru serta organ-organ tubuh yang lainnya.

Pada jam 03.00-05.00 jam piket paru-paru kamu menguat. Pada saat itu, terjadi proses pembuangan racun pada organ paru-paru. Jika pada jam tersebut kamu mengalami batuk, bersin, dan berkeringat, maka sebaiknya kamu berhati-hati dengan paru-paru kamu. Karena bisa jadi paru-paru sedang terganggu. Pada jam-jam tersebut lebih baik melakukan aktivitas olahraga.

Ilustrasi Usus Besar
F.      Jam Piket Organ Usus Besar
Usus besar (kolon) adalah suatu saluran berotot dengan Panjang lima sampai tujuh kaki yang menghubungkan usus kecil ke rectum. Bagian usus antara usus buntu dan rectum ini terdiri atas sekum, kolon, rectum, dan lubang anus.

Jam piket organ usus besar kamu yakni ada pada jam 05.00-07.00 ketika usus besar kamu sedang berkontraksi, usus besar akan menguat karena sedang bekerja dengan aktif setelah 22 jam melemah. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk buang air besar secara teratur pada jam -jam itu. Jangan ditunda-tunda sebab jika tidak berbagai gangguan kesehatan akan terjadi. Seperti halnya kanker usus biasa diderita oleh kalangan berumur. Apabila kamu terbiasa menahan buang air besar hingga usia tua, maka risiko terkena kanker usus akan semakin besar. Karena pada saat kamu menahan buang air besar, otot-otot usus akan berkontraksi untuk menahan dan lama-kelamaan otot ini akan mengalami edema (bengkak). Jika hal ini terjadi di dalam usus, maka akan fatal akibatnya. Bengkak yang tidak ditangani secara cepat dan tepat akan dapat mengakibatkan radang serta infeksi pada usus.

Ilustrasi Jantung
G.     Jam Piket Organ Jantung
Jantung adalah sebuah organ otot yang berongga dengan empat buah ruang berongga. Ia memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Dengan demikian jantung merupakan salah satu organ yang berperan dalam sistem peredaran darah.

Pada jam 11.00-13.00 jam piket organ jantung kamu akan menguat. Maka untuk menguatkan jantung kamu, harus beristirahat. Hindari panas dan olah fisik, serta ambisi dan emosi, terutama pada penderita gangguan pembuluh darah. Diluar jam-jam tersebut jantung kamu bekerja biasa-biasa saja. Tetapi ingat pada jam 23.00-01.00 jam piket organ jantung kamu lemah. Jika sudah sampai jam tersebut, kamu harus sudah beristirahat atau tidur. Apabila masih terus bekerja atau begadang hal tersebut dapat melemahkan fungsi jantung kamu.

Jadi itulah beberapa gambaran mengenai jam piket organ dalam tubuh kita, semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima kasih :-)


Sumber: 
Putheran , Asy Dheery. 2012. Jam Piket Organ Tubuh Manusia. Yogyakarta: Diva Press
Sherwood, Lauralee. 2012. Human Physiology; From Cells to Systems 6th Edition. Jakarta: EGC. Retrieved from https://kupdf.net
Id.wikipedia.org
Ilustrasi gambar: halodoc.com, freepik.com


 

Komentar